LAPORAN
PROSES KONSELING INDIVIDU
Dalam kasus penanganan masalah atau
kasus siswa :
A.
IDENTITAS
KONSELI
I.
IDENTITAS
KONSELI
Nama : Hadi Fitono
Kelas : VII F
Jenis Kelamin :
Laki-laki
Alamat : Ds.Samberejo.
II.
IDENTITAS
ORANG TUA
Nama Ayah :
Tawar
Pekerjaan :
Wiraswasta
Nama Ibu :
Sulastri
Pekerjaan :
TKW
III.
PERMASALAHAN
KONSELI
Ø Tidak
masuk sekolah tanpa keterangan selama 7 hari .
IV.
TANGGAL
PELAYANAN :
Ø Pertemuan
Pertama
Ø Jum’at
, 24 Oktober 2014
V.
TEMPAT
DAN WAKTU:
Ø Ruang
Kelas VII F / 08 : 30 – 09 : 10 WIB
VI.
PENDEKATAN
Ø Metode
pendekatan : Konseling Realita
VII.
VERBATIM
Nama
|
Kegiatan
|
Respon
|
Tahap
Awal
|
||
Konseli
|
“Assalamu’alaikum Bu.”
|
|
Konselor
|
“ Walaikumsalam,,,,, oh iya,
silahkan masuk dan duduk.”( konselor tersenyum berjabat tangan dan
mempersilahkan konseli duduk).”
|
Acceptance
|
Konseli
|
“Iya bu terima kasih.
|
|
Konselor
|
“Fito saya undang kesini, sudah
tau maksudnya?
|
Rapport
|
Konseli
|
“Belum bu......... ada apa bu?
Saya ada salah apa?”
|
|
Konselor
|
“Begini, di undang ke BK, kamu tidak salah semua
siswa boleh datang ke ruang BK baik di undang maupun tidak.”
|
Topik
netral
|
Konseli
|
“Ada apa ya bu dengan diri saya?”
|
|
Konselor
|
“begini,,, di sekolah ini ada
tata tertibnya, bagaimana perilaku kamu pada saat ini mengenai tata tertib
yang di terapkan di sekolah?”
|
|
Konseli
|
“ (konseli diam), ada apa ya bu?”
|
|
Konselor
|
“Begini fito, kamu gak usah
khawatir,apa yang kamu sampaikan saya jamin kerahasiaannya, dan ibu akan
membantu apabila kamu memiliki kesulitan atau masalah di sekolah ini.”
|
Stucturing
|
Konseli
|
“iya bu terimakasih”.
|
|
Konselor
|
“ Kamu sebelumnya pernah di panggil ke ruang bk ?”
|
|
Konseli
|
“ sudah bu”
|
|
Konselor
|
“ kenapa di panggi ke ruang Bk?”
|
|
Konseli
|
“ karena bawa hp bu ”
|
|
Konselor
|
“ ketiaka kamu di panggil di ruang BK kamu di
apain vito ?”
|
|
Konseli
|
“Tidak di apa-apain bu saya Cuma di tanya-tanya
saja bu “
|
|
Konselor
|
“ nah itu namanya konseling
vito”jadi saya jelaskan sedikit ya mengenai
konseling itu apa“Konseling ini bertujuan untuk membantu konseli
memecahkan masalahnya dan pilihan terakhir ditangan konseli itu sendiri, dan
azas yang digunakan antara lain pertama, azas kerahasiaan, dimana
permasalahan anda hanya kita berdua yang mengetahuinya, yang kedua, azas
keterbukaan, dimana konseli atau anda bisa terbuka dengan masalah anda, dan
ketiga, azas kesukarelaan, dimana anda kesini atas kesukarelaan bukan
paksaan. Sudah faham sekarang mengenai konseling itu seperti apa?”
|
|
Konseli
|
“ Faham bu “
|
|
Konselor
|
“ konseling ini nanti permasalahnya saya
batasi selam kurang lebih 40 menit ya
fito, gimana ?”
|
|
Konseli
|
“ ya bu terima kasih”.
|
|
Konselor
|
“ ya sekarang silahkan bercerita
tentang perilakumu berkenaan dengan tata tertib di sekolah ini”.
|
|
Konseli
|
”begini bu, saya memang sering
tidak masuk sekolah tanpa ada keterangan ”.
|
|
Tahap
Kegiatan
|
||
Konselor
|
“sudah berapa kali kamu tidak masuk tanpa
keterangan”?
|
Opening
|
Konseli
|
”Sering bu.”
|
|
Konselor
|
“Ya seringnya itu sudah berapa kali?”
|
|
Konseli
|
“7 hari dalam satu bulan bu.”
|
|
Konselor
|
“Nha selama 7 hari gak masuk itu
orang tuamu mengetahui gak?”
|
Eksplorasi
|
Konseli
|
“Gak tau bu.”
|
|
Konselor
|
“Lha orang tuamu kemana?”
|
|
Konseli
|
”Begini bu, saya di rumah sama
bapak, kakak, adik dan mbah.”
|
|
Konselor
|
“ Lha ibu kamu kemana?”
|
|
Konseli
|
“ Ibu saya kerja di luar negeri, lama gak pulang
jadi saya bangunya sering kesiangan sehingga saya tidak bisa masuk sekolah bu.’
|
|
Konselor
|
“ oo begitu,, tampaknya kamu sangat merindukan
kasih sayang ibumu?”
|
|
Konseli
|
“Iya bu,,,,
|
|
Konselor
|
“ kan di rumah ada bapak dan nenek?
|
|
Konseli
|
“ gak bu, bapak berangkatnya pagi dan nenek sudah
tua dan sering sakit-sakitan, jadi saya tidak ada yang membangunkan.”
|
|
Konselor
|
“ trus sekarang apa yang kamu inginkan dengan
kondisi seperti itu?”
|
|
Konseli
|
“ ya saya ingin sekolah bu.”
|
|
Konselor
|
“ ya bagus itu!!!! Apa yang harus kamu lakukan?”
|
|
Konseli
|
“ ya saya ingin masuk sekolah terus bu?
|
|
Konselor
|
“ Bagaimana caranya?”
|
|
Konseli
|
“Begini bu mulai hari ini saya akan rajin masuk
sekolah”
|
|
Konselor
|
“ Nha bagaimana jika nanti kamu bangun kesiangan
lagi, apa kamu akan mengulangi kesalahan lagi.”
|
|
Konseli
|
“ begini bu,, saya akan meminta bapak, adik,dan
kakak untuk membangunkan saya.
|
|
Konselor
|
“ya itu bagus kamu sudah berusaha,,,
|
|
Konseli
|
“ Iya bu terima kasih.”
|
|
Konselor
|
“ itu tadi bolosmu karena kamu bangun kesiangan,
dan kamu sudah mempunyai rencana untuk berubah”.
|
|
Konseli
|
“ iya bu saya berniat untuk menjadi anak sekolah
yang rajin”.
|
|
Konselor
|
“ mungkin ada penyebab lain yang menjadi kamu
sering tidak masuk sekolah”.
|
|
Konseli
|
“ Saya malas bu,,,
|
|
Konselor
|
“ yang kamu maksud malas itu gimana?”
|
|
Konseli
|
“sebenarnya saya sudah bngun pagi, tetapi saya
malas mau berangkat sekolah,
|
|
Konselor
|
“ kenapa kok bisa seperti itu, bisa di ceritakan
alasanya?”
|
|
konseli
|
“ saya males bu mau sekolah !!
|
|
konselor
|
Kenapa kok malas, pasti kan ada sebabnya kenapa
kamu malas sekolah !
|
|
konseli
|
“ begini bu ban sepedah saya itu yang pertama
bocor, terus saya di ajak teman maen bilyard sehingga saya membolos sekolah
bu “
|
|
konselor
|
Kamu merasa menyesal gak dengan apa yang kamu
lakukan itu “!”
|
|
konseli
|
Menyesal bu !
|
|
konselor
|
Nah sekarang kamu kan sudah menyadari kesalah
kamu,lalu rencana kamu apa utuk merubah kesalahanmu ?
|
|
konseli
|
“ berusaha untuk rajin masuk sekolah bu “
|
|
konselor
|
“masak usahamu Cuma itu saja!”
|
|
konseli
|
“ berusaha untuk bngun lebih pagi bu,
|
|
Konselor
|
“ apa usaha kamu supaya bisa bangun lebih pagi ?”
|
|
Konseli
|
“ meminta bapak dan mbah untuk membangunkan ?”
|
|
Konselor
|
“ lalu jika bapak dan mbah kamu semisal lupa bangunin kamu , atau bisa jadi kamunya yang susah di bangunin
gimana coba ?”
|
|
Konseli
|
“ itugak mungkin bu karena bapak saya bngunya
selalu pagi, dan mengenai susah bngun, ingsyaalah saya usahakan karna saya
pengen berubah saya yang dulunya susah
di banguninn berusaha untuk tidak malas bngun bu ”
|
|
Konselor
|
“ iya saya pegang ya janji kamu , dan saya hargai
vito usaha kamu untuk berubah”
|
Komitmen
|
Konseli
|
“ iya bu “
|
|
konselor
|
“misalkan begini seandainya jika teman kamu
mengajak kamu untuk membolos, kamu bilang gak mau,terus temen kamu mengancam
kamu,apa yang kamu lakukan? apa kamu akan ikut-ikutan membolos lagi?
|
|
konseli
|
“ saya gak takut bu karna saya benar, kalaupun
saya di ancam saya akan laporkan ke guru bk setelah itu saya laporkan bapak
saya bu”
|
|
konselor
|
“ baiklah ““ibu pegang janji kamu fito, dan ibu akan selalu memantau terus perkembangan
kamu mulai besok akan selalu cek mualai dari kehadiran kamu”
|
Clarification
|
konseli
|
“ Iya bu “
|
|
Konselor
|
“Ya sudah, karena kamu sudah
mengerti dimana masalahmu dan kamu akan mengatasinya sendiri, kamu akan
mencoba merubah prilaku membolos dan mengubah kebiasaan kamu yang kurang baik
seperti maen belyard sepak bola, dan nonton TV tadi mengubahnya dengan kebiasaan
yang lebih bermanfaat dan tidak merugikan diri sendiri.”
|
|
Konseli
|
“Iya bu insyaALLAH.”
|
|
Tahap
Penutup
|
||
Konselor
|
“Baiklah, konseling hari ini ibu
rasa sudah cukup kamu bisa kembali ke kelas. Konseling ini kita lanjutkan
minggu depan dan saya mengucapkan terima kasih sudah mau datang untuk
konseling hari ini.”
|
Resume
|
Konseli
|
“Iya bu sama-sama. Semoga dengan konseling ini
saya menjadi lebih baik.”
|
|
Konselor
|
“Iya saya akhiri Assalamukalaiku Wr. Wb.”
|
|
Konseli
|
“Walaikumsalam Wr. Wb.”
|
LAPORAN
PROSES KONSELING INDIVIDU
A.
TANGGAL
PELAYANAN :
Ø Pertemuan
Ke 2
Ø Jum’at
,31 Oktober 2014
B.
Tempat
dan Waktu :
Ø Ruang
Kelas VII F / 09 : 05 – 09 : 30 WIB
Nama
|
Kegiatan
|
Respon
|
Tahap
Awal
|
||
Konseli
|
“Assalamualaikum bu”
|
Acceptance
|
Konselor
|
“Waalaikum salam Wr Wb , silakan masuk dan silakan
duduk vito”
|
|
Konseli
|
“Iya bu terimakasih “
|
|
Konselor
|
“ Bagaimana Kabarnya Hari ini Vito ?”
|
Topik
netral
|
Konseli
|
“ Alhamdulilah baik bu “
|
|
Konselor
|
“sudah makan apa belum tadi pagi “?
|
|
Konseli
|
“ Sudah bu alhamdulilahh “
|
|
Tahap
Kegiatan
|
||
Konselor
|
“ Tadi pagi bangun jam berapa Vito ?”
|
Opening
|
Konseli
|
“ Jam setengah 6 bu “
|
|
Konselor
|
“ sholat subuh gak tadi pagi ?”
|
|
Konseli
|
“ Tidak bu soalnya bangunya sudah kesiangan bu “
|
|
Konselor
|
“ biasanya bngunya jam berapa ?”
|
|
Konseli
|
“ udah seminggu ini bngunya jam limanan bu “
|
Eksplorasi
|
Konselor
|
“ bangun jam 5 itu ngapain saja vito aktifitas
kamu ?”
|
|
Konseli
|
“ Sholat, mandi trus sarapan kadang-kadang nyapu , trus berangkat
sekolah bu ?”
|
|
Konselor
|
“ Berangkat Sekolah Jam berapa ?”
|
|
Konseli
|
“ Jam setengah 7 kurang bu sampek sekolahan jam
setengah 7nan lebih?”
|
|
Konselor
|
“ oke’’ lalu kegiatanmu di rumah setelah pulang
sekolah itu ngapain saja selama seminggu ini ?”
|
|
Konseli
|
“ sholat, makan, tidur siang bu kadang , trus jam
3an kadang maen bola, sholat magrib, belajar , sholat isak, nonton Tv bu,
trus jam 9 kadang jam 10 tidur.”
|
|
Konselor
|
“ menurut kamu ada perubahan gak minggu ini dengan
minggu-minggu kemaren?”
|
|
Konseli
|
“ Ada bu yang biasanya saya bangun siang sering
terlambat, sering maen bilyart sekarang sudah mulai berkurang dan saya ngrasa
menjadi lebih baik dari yang kemaren”
|
|
Konselor
|
“ lalu apa rencana kamu selanjutnya mengenai ini “
|
|
Konseli
|
“ saya akan mencoba untuk pertahankan ini semua
dan saya akan menjadi yang lebih baik
dari yang kemaren bu ”
|
|
Tahap
Penutup
|
||
Konselor
|
“ ya saya sangat senang karena kamu sudah mau
berubah menjadi yang lebih baik, dan saya senang karena kamu sekarang sudah
mau masuk sekolah dengan tertib dan tidak membolos lagi. Tetap semangat selalu di tingkatkan belajarnya ”
|
Resume
|
Konseli
|
“iya bu , makasih karena ibu sudah mau membantu
saya dan memotivasi saya untuk menjadi yang lebih baik”
|
|
Konselor
|
“ iya sama-sama vito ibu doakan semoga sukses kedepanya ya”
|
|
Konseli
|
“ iya bu, aminn ya robal alamin”
|
|
Konselor
|
“ ya sudah sekiranya sudah cukup pertemuan
konseling pada hari, semoga bermanfaat , selamat pagi dan wasalamualaikum Wr.
Wb.”
|
|
Konseli
|
“ Waalaikum salam warohmatullohi wabarokatuh”
|
sepemahaman saya konseling realita memfokuskan kpd apa yg diinginkan oleh konseli bukan kpd penyebab terjadinya perilaku malasusai
BalasHapus