Minggu, 29 November 2015

VERBATIM KONSELING INDIVIDU



LAPORAN PROSES KONSELING INDIVIDU

            Dalam kasus penanganan masalah atau kasus siswa :
A.    IDENTITAS KONSELI
I.              IDENTITAS KONSELI
Nama                      :  Hadi Fitono
Kelas                       :  VII F
Jenis Kelamin         :  Laki-laki
Alamat                    :  Ds.Samberejo.

II.           IDENTITAS ORANG TUA
Nama Ayah            :  Tawar
Pekerjaan                :  Wiraswasta
Nama Ibu                :  Sulastri
Pekerjaan                :  TKW

III.             PERMASALAHAN KONSELI
Ø  Tidak masuk sekolah tanpa keterangan selama 7 hari .

IV.        TANGGAL PELAYANAN :
Ø  Pertemuan Pertama
Ø  Jum’at , 24 Oktober 2014

V.                TEMPAT DAN WAKTU:
Ø  Ruang Kelas VII F / 08 : 30 – 09 : 10 WIB

VI.        PENDEKATAN
Ø  Metode pendekatan    : Konseling Realita



VII.          VERBATIM
Nama
Kegiatan
Respon

Tahap Awal

Konseli

“Assalamu’alaikum Bu.”

Konselor

“ Walaikumsalam,,,,, oh iya, silahkan masuk dan duduk.”( konselor tersenyum berjabat tangan dan mempersilahkan konseli duduk).”
Acceptance

Konseli

“Iya bu terima kasih.

Konselor

“Fito saya undang kesini, sudah tau maksudnya?
Rapport
Konseli

“Belum bu......... ada apa bu? Saya ada salah apa?”

Konselor

“Begini, di undang ke BK, kamu tidak salah semua siswa boleh datang ke ruang BK baik di undang maupun tidak.”
Topik netral
Konseli

“Ada apa ya bu dengan diri saya?”


Konselor

“begini,,, di sekolah ini ada tata tertibnya, bagaimana perilaku kamu pada saat ini mengenai tata tertib yang di terapkan di sekolah?”

Konseli

“ (konseli diam), ada apa ya bu?”

Konselor

“Begini fito, kamu gak usah khawatir,apa yang kamu sampaikan saya jamin kerahasiaannya, dan ibu akan membantu apabila kamu memiliki kesulitan atau masalah di sekolah ini.”
              Stucturing
Konseli

“iya bu terimakasih”.

Konselor
“ Kamu sebelumnya pernah di panggil ke ruang bk ?”

Konseli
“ sudah bu”

Konselor
“ kenapa di panggi ke ruang Bk?”

Konseli
“ karena bawa hp bu ”

Konselor
“ ketiaka kamu di panggil di ruang BK kamu di apain vito ?”

Konseli
“Tidak di apa-apain bu saya Cuma di tanya-tanya saja bu “

Konselor
“ nah itu namanya konseling vito”jadi saya jelaskan sedikit ya mengenai  konseling itu apa“Konseling ini bertujuan untuk membantu konseli memecahkan masalahnya dan pilihan terakhir ditangan konseli itu sendiri, dan azas yang digunakan antara lain pertama, azas kerahasiaan, dimana permasalahan anda hanya kita berdua yang mengetahuinya, yang kedua, azas keterbukaan, dimana konseli atau anda bisa terbuka dengan masalah anda, dan ketiga, azas kesukarelaan, dimana anda kesini atas kesukarelaan bukan paksaan. Sudah faham sekarang mengenai konseling itu seperti apa?”


Konseli
“ Faham bu “

Konselor
“ konseling ini nanti permasalahnya saya batasi  selam kurang lebih 40 menit ya fito, gimana ?”

Konseli

“ ya bu terima kasih”.

Konselor

“ ya sekarang silahkan bercerita tentang perilakumu berkenaan dengan tata tertib di sekolah ini”.

Konseli

”begini bu, saya memang sering tidak masuk sekolah tanpa ada keterangan ”.



Tahap Kegiatan

Konselor

“sudah berapa kali kamu tidak masuk tanpa keterangan”?
Opening
Konseli

”Sering bu.”

Konselor

“Ya seringnya itu sudah berapa kali?”

Konseli

“7 hari dalam satu bulan bu.”

Konselor

“Nha selama 7 hari gak masuk itu orang tuamu mengetahui gak?”

Eksplorasi
Konseli

“Gak tau bu.”

Konselor

 “Lha orang tuamu kemana?”


Konseli

”Begini bu, saya di rumah sama bapak, kakak, adik dan mbah.”


Konselor

“ Lha ibu kamu kemana?”

Konseli

“ Ibu saya kerja di luar negeri, lama gak pulang jadi saya bangunya sering kesiangan sehingga saya  tidak bisa masuk sekolah bu.’

Konselor

“ oo begitu,, tampaknya kamu sangat merindukan kasih sayang ibumu?”

Konseli
“Iya bu,,,,

Konselor

“ kan di rumah ada bapak dan nenek?

Konseli

“ gak bu, bapak berangkatnya pagi dan nenek sudah tua dan sering sakit-sakitan, jadi saya tidak ada yang membangunkan.”

Konselor

“ trus sekarang apa yang kamu inginkan dengan kondisi seperti itu?”

Konseli

“ ya saya ingin sekolah bu.”

Konselor

“ ya bagus itu!!!! Apa yang harus kamu lakukan?”

Konseli
“ ya saya ingin masuk sekolah terus bu?

Konselor
“ Bagaimana caranya?”

Konseli
“Begini bu mulai hari ini saya akan rajin masuk sekolah”

Konselor
“ Nha bagaimana jika nanti kamu bangun kesiangan lagi, apa kamu akan mengulangi kesalahan lagi.”

Konseli
“ begini bu,, saya akan meminta bapak, adik,dan kakak untuk membangunkan saya.

Konselor
“ya itu bagus kamu sudah berusaha,,,

Konseli
“ Iya bu terima kasih.”

Konselor
“ itu tadi bolosmu karena kamu bangun kesiangan, dan kamu sudah mempunyai rencana untuk berubah”.

Konseli
“ iya bu saya berniat untuk menjadi anak sekolah yang rajin”.

Konselor
“ mungkin ada penyebab lain yang menjadi kamu sering tidak masuk sekolah”.

Konseli
“ Saya malas bu,,,

Konselor
“ yang kamu maksud malas itu gimana?”

Konseli
“sebenarnya saya sudah bngun pagi, tetapi saya malas mau berangkat sekolah,

Konselor
“ kenapa kok bisa seperti itu, bisa di ceritakan alasanya?”

konseli
“ saya males bu mau sekolah !!

konselor
Kenapa kok malas, pasti kan ada sebabnya kenapa kamu malas sekolah !

konseli
“ begini bu ban sepedah saya itu yang pertama bocor, terus saya di ajak teman maen bilyard sehingga saya membolos sekolah bu “

konselor
Kamu merasa menyesal gak dengan apa yang kamu lakukan itu “!”

konseli
Menyesal bu !

konselor
Nah sekarang kamu kan sudah menyadari kesalah kamu,lalu rencana kamu apa utuk merubah kesalahanmu ?

konseli
“ berusaha untuk rajin masuk sekolah bu “

konselor
“masak usahamu Cuma itu saja!”

konseli
“ berusaha untuk bngun lebih pagi bu,

Konselor
“ apa usaha kamu supaya bisa bangun lebih pagi ?”

Konseli
“ meminta bapak dan mbah untuk membangunkan ?”

Konselor
“ lalu jika bapak dan mbah kamu  semisal lupa bangunin kamu , atau  bisa jadi kamunya yang susah di bangunin gimana coba ?”

Konseli
“ itugak mungkin bu karena bapak saya bngunya selalu pagi, dan mengenai susah bngun, ingsyaalah saya usahakan karna saya pengen berubah  saya yang dulunya susah di banguninn berusaha untuk tidak malas bngun bu ”

Konselor
“ iya saya pegang ya janji kamu , dan saya hargai vito usaha kamu untuk berubah”
Komitmen
Konseli
“ iya bu “

konselor
“misalkan begini seandainya jika teman kamu mengajak kamu untuk membolos, kamu bilang gak mau,terus temen kamu mengancam kamu,apa yang kamu lakukan? apa kamu akan ikut-ikutan membolos lagi?

konseli
“ saya gak takut bu karna saya benar, kalaupun saya di ancam saya akan laporkan ke guru bk setelah itu saya laporkan bapak saya bu”

konselor
“ baiklah ““ibu pegang janji kamu fito, dan  ibu akan selalu memantau terus perkembangan kamu mulai besok akan selalu cek mualai dari kehadiran kamu”
Clarification
konseli
“ Iya bu “

Konselor
“Ya sudah, karena kamu sudah mengerti dimana masalahmu dan kamu akan mengatasinya sendiri, kamu akan mencoba merubah prilaku membolos dan mengubah kebiasaan kamu yang kurang baik seperti maen belyard sepak bola, dan nonton TV tadi mengubahnya dengan kebiasaan yang lebih bermanfaat dan tidak merugikan diri sendiri.”


Konseli
“Iya bu insyaALLAH.”


Tahap Penutup

Konselor
“Baiklah, konseling hari ini ibu rasa sudah cukup kamu bisa kembali ke kelas. Konseling ini kita lanjutkan minggu depan dan saya mengucapkan terima kasih sudah mau datang untuk konseling hari ini.”

Resume
Konseli
“Iya bu sama-sama. Semoga dengan konseling ini saya menjadi lebih baik.”

Konselor
“Iya saya akhiri Assalamukalaiku Wr. Wb.”

Konseli
“Walaikumsalam Wr. Wb.”













LAPORAN PROSES KONSELING INDIVIDU

A.    TANGGAL PELAYANAN :
Ø  Pertemuan Ke 2
Ø  Jum’at ,31 Oktober 2014

B.     Tempat dan Waktu :
Ø  Ruang Kelas VII F / 09 : 05 – 09 : 30 WIB

Nama
Kegiatan
Respon

Tahap Awal

Konseli
“Assalamualaikum bu”
Acceptance
Konselor
“Waalaikum salam Wr Wb , silakan masuk dan silakan duduk vito”

Konseli
“Iya bu terimakasih “

Konselor
“ Bagaimana Kabarnya Hari ini Vito ?”
Topik netral
Konseli
“ Alhamdulilah baik bu “

Konselor
“sudah makan apa belum tadi pagi “?

Konseli
“ Sudah bu alhamdulilahh “


Tahap Kegiatan

Konselor
“ Tadi pagi bangun jam berapa Vito ?”
Opening
Konseli
“ Jam setengah 6 bu “

Konselor
“ sholat subuh gak tadi pagi ?”

Konseli
“ Tidak bu soalnya bangunya sudah kesiangan bu “

Konselor
“ biasanya bngunya jam berapa ?”

Konseli
“ udah seminggu ini bngunya jam limanan bu “
Eksplorasi
Konselor
“ bangun jam 5 itu ngapain saja vito aktifitas kamu ?”

Konseli
“ Sholat, mandi trus sarapan  kadang-kadang nyapu , trus berangkat sekolah bu ?”

Konselor
“ Berangkat Sekolah Jam berapa ?”

Konseli
“ Jam setengah 7 kurang bu sampek sekolahan jam setengah 7nan lebih?”

Konselor
“ oke’’ lalu kegiatanmu di rumah setelah pulang sekolah itu ngapain saja selama seminggu ini ?”

Konseli
“ sholat, makan, tidur siang bu kadang , trus jam 3an kadang maen bola, sholat magrib, belajar , sholat isak, nonton Tv bu, trus jam 9 kadang jam 10 tidur.”

Konselor
“ menurut kamu ada perubahan gak minggu ini dengan minggu-minggu kemaren?”

Konseli
“ Ada bu yang biasanya saya bangun siang sering terlambat, sering maen bilyart sekarang sudah mulai berkurang dan saya ngrasa menjadi lebih baik dari yang kemaren”

Konselor
“ lalu apa rencana kamu selanjutnya mengenai ini “

Konseli
“ saya akan mencoba untuk pertahankan ini semua dan saya akan menjadi yang  lebih baik dari yang kemaren bu ”


Tahap Penutup

Konselor
“ ya saya sangat senang karena kamu sudah mau berubah menjadi yang lebih baik, dan saya senang karena kamu sekarang sudah mau masuk sekolah dengan tertib dan tidak membolos lagi. Tetap semangat  selalu di tingkatkan belajarnya ”
Resume
Konseli
“iya bu , makasih karena ibu sudah mau membantu saya dan memotivasi saya untuk menjadi yang lebih baik”

Konselor
“ iya sama-sama vito ibu doakan  semoga sukses kedepanya ya”

Konseli
“ iya bu, aminn ya robal alamin”

Konselor
“ ya sudah sekiranya sudah cukup pertemuan konseling pada hari, semoga bermanfaat , selamat pagi dan wasalamualaikum Wr. Wb.”

Konseli
“ Waalaikum salam warohmatullohi wabarokatuh”


1 komentar:

  1. sepemahaman saya konseling realita memfokuskan kpd apa yg diinginkan oleh konseli bukan kpd penyebab terjadinya perilaku malasusai

    BalasHapus